Pertimbangan Yang Matang

Shalom teman-teman, kita akan melanjutkan artikel kali ini, kita masih melanjutkan Amsal 1ayat 5 khususnya bagian b yang berbicara tentang pentingnya sebuah pertimbangan yang matang.

Amsal 1:5 (TB)  baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan

Pertimbangan merupakan suatu proses penting dalam pengambilan keputusan dan tindakan kita sehari-hari. Dalam ayat ini, Amsal 1:5 mengajarkan kepada kita betapa pentingnya pertimbangan yang bijak dalam hidup. Ayat ini menyoroti perbedaan antara orang bijaksana dan orang yang kurang arif.

Yang Pertama, Membuka telinga kepada pengetahuan: Orang bijaksana secara aktif mendengarkan dan mencari pengetahuan yang lebih luas. Mereka sadar bahwa dalam mendapatkan kebijaksanaan, tidak cukup hanya mengandalkan apa yang mereka sudah ketahui. Dengan sikap yang rendah hati, mereka terbuka untuk belajar dari pengalaman, nasihat orang lain, dan pemahaman yang lebih dalam terhadap dunia. Pertimbangan yang bijak dimulai dengan mengakui bahwa kita tidak tahu segalanya, dan kita selalu dapat belajar lebih banyak.

Yang Kedua, Mencapai petunjuk yang baik: Orang arif mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh dalam pertimbangan mereka. Mereka tidak hanya mendengarkan dan mengumpulkan informasi, tetapi juga mampu mengenali petunjuk yang baik dari berbagai pilihan yang ada. Pertimbangan yang bijak melibatkan kemampuan untuk memilah-milah informasi yang relevan, memahami implikasinya, dan mampu melihat akibat dari setiap tindakan yang diambil. Dengan mengikuti petunjuk yang baik, orang arif dapat menghindari jalan yang salah dan mengambil keputusan yang cerdas.

Melalui pertimbangan yang bijak, kita dapat memperoleh kebijaksanaan yang sejati. Kebijaksanaan adalah buah dari pengalaman, pengetahuan, dan pemahaman yang mendalam terhadap hidup. Dengan bertambahnya ilmu dan kemampuan untuk melihat petunjuk yang baik, kita dapat menghindari kesalahan dan memilih jalan yang lebih baik. Pertimbangan yang bijak juga membantu kita mengembangkan kesadaran diri yang lebih baik dan melibatkan kepentingan jangka panjang dalam setiap tindakan yang kita ambil.

Mari kita ambil waktu untuk merenungkan Amsal 1:5 dan mengaplikasikan prinsip-prinsip ini dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengasah pertimbangan yang bijak, kita dapat tumbuh dalam kebijaksanaan dan menjalani hidup dengan lebih baik.

Tuhan Yesus Memberkati Saudara. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama