PENTINGNYA MENGENAL DIRI SENDIRI DAN PENUH DENGAN DIRI SENDIRI SEBELUM MENCARI PASANGAN - SALMAFINA SUNAN

PENTINGNYA MENGENAL DIRI SENDIRI DAN PENUH DENGAN DIRI SENDIRI SEBELUM MENCARI PASANGAN.

Talikasihkristus.com ||JODOH

PENTINGNYA MENGENAL DIRI SENDIRI DAN PENUH DENGAN DIRI SENDIRI SEBELUM MENCARI PASANGAN.

Banyak orang berpikir bahwa memiliki pasangan akan mengubah hidup menjadi lebih indah. 

Banyak pula yang berpikir pasangan yang ideal atau yang biasa dikenal sebagai relationship goals itu seperti yang ada pada dunia maya.

Berdasarkan pengalaman aku, kenyataannya punya pasangan itu kompleks banget. Banyak ngalahnya, banyak berlatih mengontrol emosi, banyak berlatih mengontrol pikiran, perlu penguasaan diri yang sangat extra, dan lainnya. 

Berdasarkan pengalamanku pula, aku bisa katakan mencari pasangan akan sangat sulit kalau aku gak punya self-awareness sehingga aku gak mengerti apa yang aku butuhkan dalam pasangan. 

Ketika aku gak tau dua hal tersebut, I dated out of desperation. I dated out of fear of being lonely. Aku jadi asal dalam mencari pasangan. Dan resiko asal dalam segala sesuatu itu sangatlah besar, begitupun juga dengan resiko asal dalam memilih pasangan.

Kebanyakan dari kita berpikir bahwa gak apa-apa asal yang penting gak kesepian. 

Faktanya ketika kita ngasal pilih sangan malah kita jadi sering merasa sendirian. Betul gak sih? 😄

Karena demikian perlu dimengerti bahwa merupakan hal yang penting untuk mengenali diri sendiri. 

Self-understanding is an essential life skill and a route to self control, happiness, reduced frustrations and envy, less crushes, vitality, conflict-reduction, effective decision making and leadership, grounding in values, fulfillment, tolerance, etc.; and is a tool to avoid errors.

Mari kita lihat apa yang alkitab katakan tentang pentingnya mengenali diri sendiri: 

LAMENTATIONS 3:40–66

“Let us examine our ways and test them and let us return to the Lord.”

Tuhan aja tau betapa pentingnya mengenali diri sendiri, masa kamu mau terus-terusan bingung sama diri sendiri? 

Perjalanan self-discovery secara alkitabiah menurutku dimulai dari mengenal identitas diri dalam Tuhan.

Ketika aku mulai aware sama identitasku di dalam Tuhan aku gak akan percaya narasi bahwa aku boleh in relationship hanya karena aku desperate, karena kata Tuhan my soul finds rest in Him (Psalm).

Aku gak boleh in relationship hanya karena aku merasa lonely. Padahal alkitab tidak pernah berkata demikian, banyak Firman Tuhan yang mengatakan bahwa kita gak pernah sendiri 

“This is my command–be strong and courageous! Do not be afraid or discouraged. For the LORD your God is with you wherever you go.” (Joshua 1:9 NLT).

Ketika kamu mulai mengerti dirimu sendiri,

Kamu tau identitasmu sebagai anak raja, orang yang dipilih, I’m a saint, I am rooted and grounded in His love, aku diberkati, aku diselamatkan, aku dihargai Tuhan, aku didengar, dan lainnya kamu gak akan asal

Bahkan kamu akan mulai mengerti indahnya menunggu daripada asal. 

Setelah kamu tau identitasmu dalam Tuhan, step selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mulai mengenali apa yang kamu butuhkan dalam pasangan untuk menemani kamu memenuhi panggilan hidupmu. 

Sayang dong, kalau misi dan panggilan yang Tuhan kasih ke kamu terbengkalai hanya karena memaksakan sama pasangan yang sudah tau gak akan pernah bisa? 

Tuhan sih gak merasa sedih ketika kamu gak mau di re-route. Di alkitab dibilang kok.. Tuhan gak segan skip generations apabila Tuhan merasa kita gak mampu accomplish His mission. Kalau kamu, anakmu, cucumu nantinya gak bisa accomplish misinya Tuhan hanya karena kamu mengeraskan hati ya it’s not on God.

Jadi sekarang ngerti kan how simple things like knowing yourself bisa ngebantu kamu cari pasangan hidup dan menyelesaikan panggilanmu di dunia dengan baik..

Pertanyaan yang harus direnungkan:

Apakah aku sudah mengenal identitasku dalam Tuhan?

... By.... Salmafinasunan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama