BERIKAN INI KEPADA ANAK MUDA !

Amsal 1:4 (TB)  untuk memberikan kecerdasan kepada orang yang tak berpengalaman, dan pengetahuan serta kebijaksanaan kepada orang muda.

Ayat ini memberikan renungan yang berharga tentang tanggung jawab kita untuk memberi nasihat, pengajaran, dan panduan kepada orang-orang yang belum berpengalaman dan muda. Di dunia yang penuh dengan godaan dan tantangan, orang-orang muda seringkali menghadapi situasi yang membingungkan dan sulit.

Renungan dari ayat ini mengajarkan kepada kita beberapa hal penting:

1. Menghargai pengalaman
Ayat ini mengakui bahwa ada orang-orang yang belum berpengalaman dalam kehidupan. Sebagai orang yang lebih tua atau yang telah memiliki pengalaman hidup, kita harus menghargai dan menghormati keadaan tersebut. Kita tidak boleh meremehkan atau mengabaikan mereka, tetapi sebaliknya, kita harus bersedia membantu mereka dengan bijaksana.

2. Memberikan petuah
Salah satu cara untuk membantu orang-orang yang belum berpengalaman adalah dengan memberikan nasihat atau petuah. Kita memiliki tanggung jawab untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman kita, agar mereka dapat belajar darinya dan membuat keputusan yang bijaksana. Petuah ini haruslah berasal dari kebijaksanaan dan kebenaran yang diambil dari pengalaman hidup kita sendiri.

3. Memberikan pengetahuan dan pertimbangan
Ayat ini menyoroti pentingnya memberikan pengetahuan dan pertimbangan kepada orang muda. Kita harus menyediakan sumber daya, pelatihan, dan pendidikan yang relevan bagi mereka untuk mengembangkan pemahaman mereka tentang dunia, nilai-nilai yang baik, dan konsekuensi dari tindakan mereka. Dengan memberikan pengetahuan dan pertimbangan yang baik, kita membantu mereka untuk membuat keputusan yang bijaksana dan membangun fondasi yang kuat untuk masa depan mereka.

Renungan dari ayat ini mengingatkan kita bahwa kita memiliki peran penting dalam membantu generasi muda. Sebagai orang yang lebih dewasa dan berpengalaman, kita harus bersedia meluangkan waktu untuk mendengarkan, membimbing, dan memberikan saran kepada mereka. Dalam prosesnya, kita berinvestasi pada masa depan mereka dan turut berkontribusi dalam membentuk generasi yang kuat, bijaksana, dan bertanggung jawab.

Tuhan Yesus Memberkati Saudara.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama